Pemerintah Proteksi Industri Lokal


JAKARTA - Pemerintah akan memproteksi industri lokal menyusul derasnya investasi di bidang industri. Pemerintah Indonesia dan Cina akan bekerja sama membuka kawasan industri di Indonesia timur dalam waktu dekat.


"Kita akan berkomunikasi dengan Cina. Dalam tiga atau empat bulan ke depan, nota kesepahaman (MoU) antarpemerintah bakal diteken, yang disesuaikan kunjungan Pepdana MenterrCina ke Indonesia," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Senin (17/12).

Untuk melindungi industri lokal, Pemerintah Indonesia akan lebih mengefektifkan safeguard, yang menjadi kewenangan Kementerian Perdagangan (Kemenperdag). Menurut Hidayat, kewenangan Kemenperdag meliputi semua instrumen untuk melindungi dan mengawasi peredaran barang, termasuk merazia barang-barang.



Selama ini, Indonesia telanjur mengenakan tarif bea masuk yang rendah dibandingkan negara-negara lain. Tarif impor Indonesia hanya sekitar 6,8 persen, sangat rendah dibandingkan dengan negara lain yang umumnya mengenakan tarif di atas 10 persen.

Untuk itu, Hidayat menyampaikan, industri yang terus tumbuh di dalam negeri harus dilindungi dengan pengenaan bea masuk produk impor yang secara fleksibel bisa diubah.

Dirjen Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Panggah Susanto mengatakan, Indonesia akan memproteksi industri lokal, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk jangka pendek, Indonesia memberlakukan penerapan bea masuk dan standar nasional Indonesia (SNI). Sedangkan, untuk jangka panjang, kata Panggah, Indonesia akan menggarap sektor industri dasar dan petrokimia agar investasi yang masuk tidak selalu dibarengi dengan importasi yang tinggi.
sumber : Republika

Komentar

  1. Great job for publishing such a beneficial web site. Good to become visiting your weblog again, it has been months for me. Nicely this article that i've been waited for so long. medikush

    BalasHapus
  2. Long-term use of cigarettes will do harm to the lungs, and second-hand smoke will also affect the health of others, so it is advocated to ban the use of cigarettes. E-cigarettes can be used instead.Steam Crave RDTA and smok starter kit products are cheap, durable and healthier than cigarettes.

    BalasHapus
  3. "Interesting website, thank you so much for sharing this topic."


    Our Site

    BalasHapus
  4. Hi,
    Great article! Your insights are spot on Local Industry. I especially appreciate your point about protect local industry. It's evident you've done your research. Keep up the excellent work! Looking forward to reading more from you.

    Here is sharing Apache Kafka related stuff that may be helpful to you.
    Apache Kafka Training

    BalasHapus

Posting Komentar